Pengembangan dan Penataan Ulang Pojok Baca di Perpustakaan SMK Negeri 2 Adiwerna
Keywords:
perpustakaan sekolah, sudut baca, penggunaan ruang, keterampilan literasi siswaAbstract
Perpustakaan Sekolah memiliki peranan yang signifikan dalam mendukung proses belajar dan mengajar. Tujuan dari perpustakaan sekolah adalah untuk mendukung pelaksanaan program pendidikan yang bertujuan untuk membangkitkan atau membina ketertarikan siswa dalam membaca. Di SMK Negeri 2 Adiwerna, upaya untuk meningkatkan layanan perpustakaan dilakukan dengan mengembangkan dan merapikan kembali area pojok baca. Program pojok baca ini dirancang untuk meningkatkan minat membaca dikalangan siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara. Kegiatan ini dilaksanakan selama waktu magang dengan melibatkan petugas perpustakaan serta guru pendamping sebagai narasumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah dilakukan perapihan yang mencakup pengecatan, penambahan karpet, dan dekorasi, ruang literasi menjadi lebih nyaman. Siswa mulai aktif menggunakan ruang tersebut pada saat istirahat atau saat menyelesaikan tugas. Area pojok baca membawa dampak positif terhadap suasana perpustakaan serta meningkatkan ketertarikan baca siswa.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Syamsul Anwar, Finza Nur Oktaviani, Zami Maryunah Hofifah, Jihan Ambaroh, Salsabilla Farra Nur Syifa (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.