Peningkatan Kompetensi Guru SMP dalam Menerapkan Deep Learning pada Pembelajaran Bahasa Inggris melalui Pendekatan Discourse-Based Teaching
Keywords:
deep learning, discourse-based teaching, kompetensi guru, pembelajaran bahasa inggrisAbstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru SMP dalam menerapkan model pembelajaran deep learning berbasis discourse-based teaching dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Mitra kegiatan adalah guru-guru yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Inggris SMP di Kota Semarang. Kegiatan dilaksanakan melalui sosialisasi, pelatihan, dan pendampingan berbasis praktik analisis wacana dan penerapannya dalam pembelajaran. Metode pelaksanaan mencakup pemberian materi, diskusi interaktif, simulasi pengajaran, serta evaluasi kompetensi guru sebelum dan sesudah kegiatan. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman konsep deep learning dan kemampuan guru dalam mengintegrasikan analisis wacana untuk meningkatkan keterampilan komunikasi siswa. Kegiatan ini memberikan kontribusi nyata terhadap pengembangan profesional guru dan kualitas pembelajaran Bahasa Inggris di tingkat SMP.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dias Andris Susanto, Djoko Sri Bimo, Fitra Pinandhita (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.