PkM Peningkatan Keterampilan Public Speaking bagi Siswa SMK PGRI 1 Salatiga

Authors

  • Dewi Rosnita Hardiany Universitas Ngudi Waluyo, Indonesia Author
  • Mochammad Rizqi Adhi Pratama Universitas Ngudi Waluyo, Indonesia Author
  • Deswandito Dwi Saptanto Universitas Ngudi Waluyo, Indonesia Author
  • Indah Sukma Wahyuni Universitas Ngudi Waluyo, Indonesia Author

Keywords:

public speaking, keterampilan komunikasi, experiential learning

Abstract

Keterampilan berbicara di depan umum (public speaking) merupakan salah satu soft skill penting yang harus dimiliki oleh siswa SMK untuk menunjang kesiapan mereka menghadapi dunia kerja maupun pendidikan lanjutan. Namun, masih banyak siswa yang mengalami kendala seperti kurang percaya diri, penguasaan teknik yang terbatas, dan kecemasan tampil di depan umum. Melalui program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM), pelatihan public speaking diberikan kepada 40 siswa SMK PGRI 1 Salatiga dengan pendekatan partisipatif dan metode experiential learning. Pelatihan dilaksanakan dalam tiga sesi utama dan satu sesi evaluasi, yang mencakup materi konseptual, teknik vokal dan bahasa tubuh, serta praktik presentasi. Hasil pre-test dan post-test menunjukkan peningkatan signifikan pada aspek kepercayaan diri (41%), artikulasi (39%), dan penggunaan bahasa tubuh (53,8%). Respons peserta juga sangat positif, dengan lebih dari 90% siswa menyatakan pelatihan ini bermanfaat. Kegiatan ini membuktikan bahwa metode pelatihan berbasis pengalaman dapat secara efektif meningkatkan keterampilan komunikasi siswa secara menyeluruh.

Downloads

Published

2025-08-19

How to Cite

Hardiany, D. R. ., Pratama, M. R. A. ., Saptanto, D. D. ., & Wahyuni , I. S. . (2025). PkM Peningkatan Keterampilan Public Speaking bagi Siswa SMK PGRI 1 Salatiga. INDONESIAN JOURNAL OF EMPOWERMENT, SERVICE, AND TRAINING, 1(2), 143-150. https://ijest.id/index.php/ijest/article/view/24

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.