Membangun Kepercayaan Diri untuk Berbicara Bahasa Inggris pada Siswa SMK
Keywords:
kepercayaan diri, speaking skill, bahasa Inggris, SMKAbstract
Artikel ini bertujuan untuk mendeksripsikan program pengabdian kepada masyarakat "Build Confidence to Speak English" dalam meningkatkan kepercayaan diri dan kemampuan berbicara bahasa Inggris siswa SMK Tarunatama, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang. Program ini menggunakan pendekatan partisipatif yang menggabungkan metode ceramah interaktif, diskusi kelompok, role playing, dan peer learning. Subjek penelitian terdiri dari 100 siswa dari berbagai jurusan yang dipilih secara purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner kepercayaan diri (pre-test dan post-test), observasi partisipatif, dan evaluasi feedback peserta. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam kepercayaan diri berbicara bahasa Inggris, dengan skor rata-rata meningkat dari 2.3 menjadi 3.8 pada skala 5. Tingkat partisipasi aktif mencapai 95% dan feedback positif sebesar 92%, melampaui target yang ditetapkan. Program ini berhasil membuktikan bahwa pendekatan holistik yang menekankan aspek psikologis dan praktik langsung lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan komunikasi bahasa Inggris siswa SMK dibandingkan metode pembelajaran tradisional yang fokus pada aspek gramatikal.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ratih Laily Nurjanah, Thabita Juliani Vierdasari (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.