Peran Perpustakaan Sekolah dalam Meningkatkan Kreativitas Menulis melalui Bimbingan Karya Sastra

Authors

  • Wahyu Asriyani Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia Author
  • Risna Dewi Anin Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia Author
  • Alyssa Diska A Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia Author
  • Fara Afrida Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia Author
  • Aema Nurdiana Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia Author
  • Dwiky Berliandi Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia Author

Keywords:

perpustakaan, menulis, bimbingan karya sastra

Abstract

Perpustakaan memiliki peran yang luas dari sekadar aktivitas meminjam serta mengembalikan buku, tetapi perpustakaan menjadi pusat informasi dan pengetahuan bagi warga sekolah. Tujuan dari studi ini diarahkan untuk mengidentifikasi peran perpustakaan dalam mendukung perkembangan keterampilan menulis siswa melalui program bimbingan di perpustakaan SMPN 5 Tegal. Dalam penelitian ini, digunakan metode deskriptif kualitatif sebagai jenis pendekatan serta teknik analisis data menggunakan model Miles & Huberman dengan analisis naratif. Teknik penggumpulan data menggunakan yaitu mengobservasi siswa kemudian mengumpulkan dokumen naskah cerpen dari siswa. Adapun manfaat dari penelitian ini yaitu mengajak para siswa lebih kreatif, mengenalkan kosakata baru, mengajak siswa untuk berexpresi melalui karya sastra. Hasil yang didapatkan dari program bimbingan menulis tersebut adalah ditemukannya siswa yang kebingungan dalam menulis ide cerita, pembuatan alur cerpen, konflik dalam cerpen, dan pemakaian ejaan  menjadi mudah dalam menuliskan ide cerita, alur, konflik, dan ejaan yang sesuai kaidah.

Downloads

Published

2025-08-19

How to Cite

Asriyani, W., Dewi Anin, R. ., Diska A, A. ., Afrida, F. ., Nurdiana, A. ., & Berliandi, D. . (2025). Peran Perpustakaan Sekolah dalam Meningkatkan Kreativitas Menulis melalui Bimbingan Karya Sastra. INDONESIAN JOURNAL OF EMPOWERMENT, SERVICE, AND TRAINING, 1(2), 113-121. https://ijest.id/index.php/ijest/article/view/18