Peningkatan Kompetensi Guru SMP dalam Menerapkan Deep Learning pada Pembelajaran Bahasa Inggris melalui Pendekatan Discourse-Based Teaching

Authors

  • Dias Andris Susanto Universitas PGRI Semarang, Indonesia Author
  • Djoko Sri Bimo Universitas Terbuka, Indonesia Author
  • Fitra Pinandhita Universitas PGRI Madiun, Indonesia Author

Keywords:

deep learning, discourse-based teaching, kompetensi guru, pembelajaran bahasa inggris

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru SMP dalam menerapkan model pembelajaran deep learning berbasis discourse-based teaching dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Mitra kegiatan adalah guru-guru yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Inggris SMP di Kota Semarang. Kegiatan dilaksanakan melalui sosialisasi, pelatihan, dan pendampingan berbasis praktik analisis wacana dan penerapannya dalam pembelajaran. Metode pelaksanaan mencakup pemberian materi, diskusi interaktif, simulasi pengajaran, serta evaluasi kompetensi guru sebelum dan sesudah kegiatan. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman konsep deep learning dan kemampuan guru dalam mengintegrasikan analisis wacana untuk meningkatkan keterampilan komunikasi siswa. Kegiatan ini memberikan kontribusi nyata terhadap pengembangan profesional guru dan kualitas pembelajaran Bahasa Inggris di tingkat SMP.

Downloads

Published

2025-08-19

How to Cite

Susanto, D. A., Bimo, D. S. ., & Pinandhita, F. . (2025). Peningkatan Kompetensi Guru SMP dalam Menerapkan Deep Learning pada Pembelajaran Bahasa Inggris melalui Pendekatan Discourse-Based Teaching. INDONESIAN JOURNAL OF EMPOWERMENT, SERVICE, AND TRAINING, 1(2), 76-86. https://ijest.id/index.php/ijest/article/view/14

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.